Wednesday, April 18, 2012

DEMOKRASI: ANTARA TEORI DAN PELAKSANAANNYA DI INDONESIA


A.   Pengantar: Arti, Makna, dan Manfaat Demokrasi.
Demokrasi berasal dari kata Yunani demos dan kratos. Demos artinya rkyat, kratos berarti pemerintahan. Jadi, demokrasi berarti pemerintahan rakyat, yaitu pemerintahan yang rakyatnya memegang peranan yang sangat menentukan.

Manfaat Demokrasi
1.    Kesetaraan sebagai warga Negara
Demokrasi bertujuan memperlakukan semua orang adalah sama sederajat. Promsip kesetaraan tidak hanya menuntut bahwa kepentingan setiap orang harus diperlakukan sama dan sederajat dalam kebijakan pemerintah.
2.    Memenuhi kebutuhan-kebutuhan umum
Dibandingkan dengan pemerintahan tipe lain seperti sosialis dan fasis, pemerintahan yang demokratis lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan rakyat biasa.
3.    Pluralism dan kompromi
Demokrasi mengandalkan debat terbuka, persuasi, dan kompromi. Penekanan demokrasi pada debat tidak hanya mengasumsikan adanya perbedaan-perbedaan pendapat dan kepentingan pada sebagian besar masalah kebijakan, tetapi juga menghendaki bahwa perbedaan-perbedaan itu harus dikemukakan dan di dengarkan.
4.    Menjamin hak-hak dasar
Demokrasi menjamin kebebasan-kebebasan dasar. Diskusi terbuka sebagai metode mengungkapkan dan mengatasi masalah-masalah perbedaan dalam kehidupan social tidak dapat terwujud tanpa kebebasan-kebebasan yang ditetapkan dalam konvensi tentang hak-hak sipil dan politis.
5.    Pembaruan kehidupan social
Deokrasi memungkinkan terjadinya pembaruan kehidupan social. Penghapusan kebijakan-kebijakan yang telah using secara rutin dan penggantian para politisi dilakukan dengan cara yang santun dan damai, menjadikan system demokratis mampu menjamin pembaruan kehidupan social.

B.   Nilai-nilai Demokrasi
Kehidupan demokrasi tidak akan dating, tumbuh dan berkembang dengan sendirinya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Demokrasi memerlukan usaha nyata setiap warga Negara dan perangkat pendukungnya dan dijadikannya demokrasi sebagai pandangan hidup (way of life) dalam kehidupan bernegara.
Nilai-nilai dari demokrasi membutuhkan hal-hal berikut:
1)    Kesadaran akan pluralism. Masyarakat yang hidup demokratis harus menjaga keberagamaan yang ada di masayarakat. Maka kesadaran akan pluralism sangat penting dimiliki bagi masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang sangat beragam dari sisi etnis, bahasa, budaya, agama, dan potensi alamnya.
2)    Sikap yang jujur dan pikiran yang sehat. Pengambilan keputusan didasarkan pada prinsip musyawarah mufakat, dan memerhatikan kepentingan masyarakat pada umumnya.
3)    Demokrasi membutuhkan kerjasama antar warga masyarakat dan sikap serta itikad baik. Demokrasi membutuhkan kerjasama antar anggota masyarakat untuk mengambil keputusan uang disepakati semua pihak.
4)    Demokrasi membutuhkan sikap kedewasaan. Demokrasi mengharuskan adanya kesadaran untuk dengan tulus menerima kemungkinan kompromi atau kekalahan dalam pengambilan keputusan.
5)    Demokrasi membutuhkan pertimbangan moral. Demokrasi mewajibkan adanya keyakinan bahwa cara mencapai kemenangan haruslahsejalan dengan tujuan dan berdasarkan moral serta tidak menghalalkan segala cara.

C.   Prisip dan Parameter Demkrasi
Menurut Robert A. dahl terdapat enam prinsip demokrasi yang harus ada dalam system pemerintahan, yaitu:
1)    Adanya control atau kendali atas keputusan pemerintahan. Pemrintah dalam hal ini Presiden, Kabinet dan Pemerintah daerah bertugas melaksanakan pemerintahan berdasar mandate yang diperoleh dari pemilu. Namun demikian dalam melaksanakan pemerintahan, pemerintah bukan bekerja tanpa batas masih dikontrol oleh DPR dan DPRD.
2)    Adanya pemilihan yang teliti dan jujur. Demokrasi dapat berjalan dengan baik apabila adanya partisipasi aktif dari warga dan partisipasi tersebut dilakukan dengan teliti dan jujur
3)    Adanya hak memilih dan dipilih. Demokrasi berjalan dengan baik apabila setiap warga Negara mendapat hak pilih dan dipilih. Hak memilih untuk memberikan hak pengawasan rakyat terhadap pemerintahan, serta memutuskan pilihannya yang terbaik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
4)    Adanya kebebasan menyatakan penadpat tanpa ancaman. Demokrasi membutuhkan kebebasan dalam menyampaikan pendapat, berserikat dengan rasa aman. Apabila warga tidak dapat menyampaikan pendapat atau kritik dengan lugas, maka saluran aspirasi akan tersendat, dan pembangunan tidak akan berjalan dengan baik.
5)    Adanya kebebasan mengakses informasi. Demokrasi membutuhkan informasi yang akurat, untuk itu setiap warga Negara harus mendapatkan akses informasi yang memadai.
6)    Adanya kebebasan berserikat yang terbuka. Kebebasan untuk berserikat ini memberikan dorongan bagi warga Negara yang merasa lemah, dan untuk memperkuatnya membutuhkan teman atau kelompok dakam bentuk serikat. Adanya serikat pekerja, terbukanya system politik memungkinkan rakyat memberikan aspirasi secara terbuka dan lebih baik.

D.   Jenis-jenis Demokrasi
A.   Demokrasi Berdasarkan Cara Menyampaikan Pendapat
a.    Demokrasi langsung
Dalam demokrasi langsung rakyat diikutsertakan dalam proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kebijakan pemerintah.
b.    Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan
Demokrasi ini dijalankan oleh rakyat melalui wakil rakyat yang dipilihnya melalui pemilu. Aspirasi rakyat disalurkan melalui wakilnya yang duduk di lembaga perwakilan.
c.    Demokrasi perwakilan dengan system pengawasan langsung dari rakyat.
Demokrasi ini merupakan campuran antara demokrasi langsung dengan perwakilan. Rakyat memilih wakilnya yang duduk di lembaga perwakilan rakyat, tetapi wakil rakyat dalam menjalankan tugasnya di awasi rakyat melalui referendum dan inisiatif rakyat.

B.   Demokrasi berdasarkan titik perhatian atau prioritas
1.    Demokrasi formal
Demokrasi ini secara hukum menempatkan semua orang dalam kedudukan yang sama dalam bidang politik, tanpa mengurangi kesenjangan ekonomi.
2.    Demokrasi material
Demokrasi material memandang manusia mempunyai kesamaan dalam bidang sosial-ekonomi, sehingga persamaan bidang politik tidak menjadi prioritas.
3.    Demokrasi campuran
Demokrasi ini merupakan campuran dari kedua demokrasi tersebut di atas.

C.   Berdasarkan prinsip ideologi
1.    Demokrasi liberal
Demokrasi ini memberikan kebebasan yang luas pada individu
2.    Demokrasi rakyat atau demokrasi proletar
Demokrasi ini bertujuan untuk menyejahterakan rakyat

D.   Berdasarkan wewenang dan hubungan antar alat kelengkapan negara
1.    Demokrasi sistem parlementer
Cirri-ciri pemerintahan parlementer antara lain:
a.    DPR lebih kuat daripada pemerintah
b.    Kepala pemerintahan atau kepala eksekutif disebut perdana menteri dan memimpin cabinet dengan sejumlah mentri yang bertanggung jawab kepada DPR
c.    Program kebijakan cabinet disesuaikan dengan tujuan politik negara.
d.    Kedudukan kepala negara terpisah dari kepala pemerintahan, biasanya hanya berfungsi sebagai symbol negara.
e.    Jika pemerintah dianggap tidak mampu, maka anggota DPR dapat mosi tidak percaya kepada parlemen untuk membubarkan pemerintah.
2.    Demokrasi sistem presidensial
Cirri-ciri pemerintahan yang menggunakan sistem presidensial adalah sbb:
a.    Negara dikepalai presiden
b.    Kekuasaan eksekutif presiden dijalankan berdasarkan kedaulatan yang dipilih dari dan oleh rakyat langsung atau melalui badan perwakilan.
c.    Presiden mempunya kekuasaan mengangkat dan memberhentikan menteri.
d.    Menteri tidak bertanggung jawab kepada DPR melainkan kepada presiden.


E.   Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia

Ada empat macam demokrasi yang pernah diterapkan dalam kehidupan ketatanegaraan kita, yaitu:
a.    Demokrasi Parlementer (Liberal)
Pada masa berlakunya Demokrasi Parlementer (1945-1959), kehidupan politik dan pemerintahan tidak stabil, sehingga program dari suatu pemerintah tidak dapat dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan.
b.    Demokrasi Terpimpin
Demokrasi terpimpin lahir dari keinsyafan, kesadaran, dan keyakinan terhadap keburukan yang diakibatkan dari praktik demokrasi parlementer yang melahirnya terpecahnya masyarakat, baik dalam kehidupan politik maupun dalam tatanan kehidupan ekonomi
c.    Demokrasi pancasila pada era orde baru
Latar belakang munculnya demokrasi pancasila adalah adanya berbagai penyelewengan dan permasalahan yang dialami bangsa Indonesia pada masa berlakunya demokrasi parlementer dan demokrasi terpemimpin.
d.    Demokrasi langsung pada Era Orde Reformasi
Orde reformasi ini merupakan consensus untuk mengadakan demokratis dalam segala bidang kehidupan. Demokrasi yang dijalankan pada masa reformasi ini masih tetap demokrasi pancasila. Perbedaannya terletak pada aturan pelaksanaan dan praktik penyelenggaraan. Berdasarkan peraturan perundang-undangan dan praktik pelaksanaan demokrasi, terdapat beberapa perubahan pelaksanaan deokradi pada Orde Reformasi sekarang ini, yaitu:
o   Pemilihan umum lebih demokratis
o   Partai politik lebih mandiri
o   Pengaturan hak asasi manusia
o   Lembaga demokrasi lebuh berfungsikonsep trias politika (3pilar kekuasaan negara) masing-masing bersifat otonom penuh.
Kegagalan demokrasi pancasila zaman orde baru , bukan berasal dari kosen dasar demokrasi pancasila, melainkan lebih kepada praktik atau pelaksanaan yanh mengingkari keberadaan demokrasi pancasila itu.
Demokrasi pancasila hanya akan dapat dilaksanakan dengan baik apabila nilai nilai yang terkandung di dalamnya dapat di pahami dan dihayatisebagai nilai nilai budaya politik yang mempengaruhi sikap hidup politik pendukungnya.
Kegagalan demokrasi pancasila pada zaman orde baru membuat banyak penafsiran mengenai asas demokrasi, belajar dari pengalaman itu, dalam era reformasi perlu penataan ulang penegasan kembali arah dan tujuan demokrasi pancasila , menciptakan perasaan dan saran yang di perlukan dari bagi pelaksanaan demokrasi pancasila.

F.    Mengembangkan sikap demokrasi
Bangsa Indonesia saat ini pada era reformasi, sedang belajar menunjang tinggi nilai nilai demokrasi. Untuk mengembangkan sikap demokrasi, maka proses pembelajaraan dan pendidikan akan lebih efektif bila di mulai daridalam keluarga dan dalam dunia pendidikan formal, berikut ini adalah panduan yang dapat membantu orang tua menanamkan nilai nilai demokrasi dalam diri anak :
o   Memberikan  perhatian khusus dengan serius pada anak yang sedang berusaha menyampaikan perasaan , pendapat atau cerita dengan cara memandangnya ,dan jangan sampai memutuskan pendapat sebelum anak menyelesaikan pendapat
o   Mengusahakan menajadi pemmbicara yang baik, usaha untuk mendengarkan pembicaraan anakk anak dengan kontak mata serta memberikan ekspresi yang sesuai
o   Memberikan kesempatan memperbaiki sebelum memberikan sanksi. Sebelum memberikan hukuman, berikan kesempatan pada anak untuk menjelaskan duduk persoalannya, kemudian berikan hukuman yang sesuai dengan kesalahannya disertai penjelasan mengapa hukuman tersebut harus di berikan
o   Menghormati anak, anak anak haru dihormati dan menghindari kesan memerintah dalam memita si anak untuk melakukan sesuatu.
o   Melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, mengembangkan demokrasi dengan melibatkan anak dalam pengembilan keputsan seperti misalnya dalam menentukan menu makan , tujuan reaksi  program TV dan VCD, yang sesuai dengan usia mereka , untuk menghindari kesan mendikte
Ada beberapa hal khusus yang perlu  di perhatikan oleh para guru dan dosen ,yaitu :
A.   Menjadikan siswa dan mahasiswa sebagai subjek atau teman dalam proses belajar atau perkuliahan , memberikan siswa dan mahasiswa kesempatan untuk mengungkap pendapatnya sendiri dalam menjawab suatu pertanyaan
B.   Sebagai pendidik baik guru maupun dosen, sebaiknya belajar untuk berlapang dada dalam menerima kritik murid , usahakan kritik dianggap sesuatu yang wajar terjadi, dan sebagai koreksi unutk memperbaiki kinerja guru dan dosen.
C.   Guru dan dosen mengembangkan siakp adil , terbuka, konsisten, dan bijaksana dalam memberikan hukuman kepada murid, dan mahasiswa yang bersalah
D.   Guru dan dosen sebaiknya menghindari mencaci maki atau memarahi murid dan mahasiswa di hadapan teman – temannya, karena harga  diri mereka akan teroyak
Hal hal yang perlu di perhatikan oleh sisw2a dan mahasiswa adalah sebagai berikut :
A.   Aktif mengungkapkan ide , gagasan dan pikirannya kepada guru dan dosen
B.   Siswa dan mahasiswa mempunyai motivasi agar lebih maju dan dewasa
C.   Mengembangkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar
D.   Mempunyai kemampuan untuk belajar untuk mengetahui ( to know ) untuk melakukan sesuatu ( to do ), dan menjadi diri sendniri (  to be ) dan untuk hidup bersama
E.   Mempunyai kemauan untuk belajar beroganisasi melalui wadah yang ada di sekolah dan perguruan tinggi

Hal hal yang perlu di perhatikan oleh masyarakat dan pemerintah proses belajar demokrasi antara lain :
·         Mendidik masyarakat untuk bersikap dewasa
·         Mengembangkan sikap ksatria dengan mengakui kekalahan, atau bersikap siap menang dan siap kalah
·         Menggunaka mekanisme demokrasi untuk mencari titik perbedaan pendapat
·         Mengembang sikap yang sensitive dan epati terhadap  kepentingan rakyat yang lebih bagus
·         Mengembangkan kerja sama antara anggota masyarakatr dengan pikiran yang lodiis dan itikad baik
·         Mengembang masyarakat uhntuk aktid dala memberikan pengawasan
Dengan perhatian tua, tua dan dosen terhadap hal hal tersebut, diharapkan proses demokrasi dapat berjalan dengan baik dan alamiah, sehingga tercipta siswa dan mahasiswa serta masyarakat yang bertanggung jawab
G.   Kajian Kasus Untuk Demokrasi : antara teori dan pelaksanaannya Indonesia
Koisi yudisial yang baru beberapa hari dilantik presiden susilo bambang yudhoyono (SBY ) ,akan mendap pekerjaan perdana . dan pekerjaan ini tentu akan menjadi perhatian masyarakat, aparat penegak hukum, politikus , pengamat, politik, dan sebagainya
Kota depok yang meruakan pintu gerbang DKI Jakarta pada kamis ( 4/8) dibuat gelisa dengan adanya pemberitaan bahwa pengedilan tinggi ( PT )jawa barat memenangkan gugatan badrul kamal untuk menjadi wali kota depok dan menggugurkan kemenang nur muhmudi ismail. Masyarakat bingung karena kemenangan yang dianulir pengadilan itu tidak jelas asal mualanya.
Banyak Kejanggalan
PT jawa barat pada kamis (4/8) membuat keputusan dengan menganulir (membatalkan ) kemenangan nur mahmudi – yuyun wirasaputra dalam pilkada kota depok dan kemengangan pasangan badrul kamal – syihabuddin. Disamping itu, ada keanehan dalam proses pradilan ,satu orang anggtoa majelis hakim yang dinilai vocal tiba tiba dig anti di tengah proses persidangan “ dan yang juga cukup penting , proses peradilan dinilai tidak fair kerena tim nur muhmudi tidak di beri kesempatan menyampaikan bukti bukti. Sebab meski gugatan yang diajukan pihak badrul kamal kepada KPUD, yang terkena  dampaknya adalah nur mahmudi.

Terjadi Konsipasi
Ketua DPC PKS sukmajaya fuad suhandiyo dalam orasi mengatakan , putusan hakim tersebut mencerminkan adanya indikasi permainan uang , karena bisa mengubah hasil  pilkada koda depok . senada dengan itu , tokoh gerakan pemuda marhean, wing iskandar, mengungkapkan mungkin saja telah tejadi konspirasi, “ sejak awal persiapan pilkada kota depok “ .
“memang pada awalnya terkesan bahwa dalam pilkada kallah oleh pesaing utamanya , nur mahmudi ismail, lalu muncul isu isu yang sengaja dibuat bahwa badrul di curangin disakiti, dan disakiti dan di kerjai lawan nya “, katanya, dengan demikian , lanjutnya , masyarakat depok merasa ibaterhadap badrul dan pasangannyam shihabuddin achmad, langsung menggugat KPUD dengan menyetakan telah terjadi kecurangan dalam penghitungann suara. Disamping itu , pantia pengawas degan partai penegak demokrasi Indonesia . di samping itu panitia daerah sebagian yang di pasang badrul  ( saat itu masih jadi wali kota depok ) adalah orang oran gkepercayaan yang bisa diatur , belum lagi di KPU depok yang di gugat badrul . hal itu terlihat saat putusan itu, padahal , dia kan bisa menjawab m tidak terima dan akan melakukan uoaya huku, ke komisi judicial atau ke mahkamah konstitusi. Pemantau pilkada jelas jelas sudah di bayar . khusus KPU dan pengacarea yang ada dalam persidangan juga terkesan sebagai delagan belaka.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment