Sunday, October 7, 2012

perilaku konsumen




Pengertian Perilaku Konsumen
Pengertian perilaku konsumen menurut Shiffman dan Kanuk (2000) adalah “Consumer behavior can be defined as the behavior that customer display in searching for, purchasing, using, evaluating, and disposing of products, services, and ideas they expect will satisfy they needs”. Pengertian tersebut berarti perilaku yang diperhatikan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi dan mengabaikan produk, jasa, atau ide yang diharapkan dapat memuaskan konsumen untuk dapat memuaskan kebutuhannya dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan.

Faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen sebagai berikut :
1. Konsumen individu : pilihan merk, kebutuhan konsumen, persepesi atas karakteristik merk dan sikap ke arah pilihan.
2. Pengaruh lingkungan : budaya dan kelas sosial
3. Marketing Strategy : variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan mempengaruhu konsumen, barang, harga, periklanan, distribusi.

Konsumen merupakan seorang individu ataupun organisasi, mereka memiliki peran yang berbeda dalam perilaku konsumsi, mereka mungkin berperan sebagai initiator, influencer, buyer, payer atau user. Dalam konsep pemasaran kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan yang harus di capai. Kepuasan konsumen dengan menyediakan pelayanan yang baik, efektif dan lebih efisien. Kebutuhan, sikap dan perilaku konsumen mempengaruhi setiap aspek dari strategi pemasaran. Dalam strategi pemasaran yaitu : pendekatan, lakukan tes dan berikan deal terbaik.

Tentunya kita ingat dengan 5W + 1H :
1. WHY : mengapa mendapatkan atau jasa tersebut?
2. WHAT : berupa apa barang atau jasa tersebut ?
3. WHEN : kapan bisa di dapatkan barang atau jasa tersebut?
4. WHERE : dimana barang atau jasa tersebut bisa di dapatkan?
5. WHO : siapa yang mendapatkan barang atau jasa tersebut?
6. HOW : bagaimana barang atau jasa tersebut didapatkan?

No comments:

Post a Comment